Selasa, 18 Juni 2013

    Menurut orang2 tua kata dieng berasal dari kata Di hyang,,ini bahasa kawi, yg merupakan nama sebuah bukit. Akan tetapi adapula yg mnyebutkan dieng itu berasal dr Di dan Hiang, Di itu berarti gunung. dari kata ardi  yg merupakan bahasa jawa. dan hiang yg mmpunyai arti kahyangan.. Konon, kahyangan adalah tempat para dewa sehingga dieng di anggap sbg tmpat para dewa dan di juluki NEGERI di ATAS AWAN.
Mungkin karna letak dieng yg tinggi.
.
    Ada jg yang mengatakan bahwa dieng itu berasal dr kata adi yg berartik elok atau indah , dan aeng yg berarti aneh..menakjubkan tetapi mengagumkan. kenyataanya memang dieng itu indah dan mengagumkan. candi2nya sangat mempesona, udaranya segar,. Objek2 yg ada di dieng bagus dan selalu ada legendanya yg kadang2 trdengar aneh..tetapi menarik untuk di ceritakan..

    Candi di DIENG  ini terdiri atas beberapa kelompok..yaitu :
Kelompok tengah yg merupakan kawasan candi ARJUNA atau lebih sering di kenal sbg candi PANDAWA LIMA..Candi semar,,Candi srikandi,, Candi sembadra,,dan Candi puntadewa. Semua candi selain candi semar menghadap ke timur. candi semar ini di perkirakan sbg tempat untuk menyimpan alat2 upacara, sementara yg lain sbg tempat untuk upacara keagamaan..

  Tempat2 lainya adalah : Candi dwarawati,, Candi gatoothkaca,,Candi bima [yg merupakan candi terbesar di antara candi2 yg ada di dieng]..balai kambang,, tuk bima lukar,, kawah si kidang [ yg ada di fp saya di fb],,telaga warna dan telaga pengilon,, gua sumur dan gua semar,, gua jaran,, telaga merdala,, kawah sileri,, kawah candradimuka [ yg sering di kaitkan dg kelahiran gatotkaca],, gua jimat [ sumur upas],, sumur jalatunda,,dll..

0 komentar :

Posting Komentar