Selasa, 18 Juni 2013

tentang kaligowong..

saat ini saya sedang mencari beberapa sumber untuk saya mintai keterangan tentang asal usul desa kaligowong..
apakah ada yg tau..???

sebenarnya saya sedikit tau..tapi hnya sedikit dan belum tentu akan kebenaranya.. yang saya tau..
bahwa kaligowong dulunya adalah sebuah tempat yg sangat strategis untuk menyebarkan agama islam di daerah wonosobo.Di tempat itu trdapat bnyak sekali ulama ulama besar. yg mnjadi tokoh islam. namun keturunan2nya entah saya tdk tau ada dmn saja,jadi sulit untuk di mintai keterangan tentang asal usul desa kaligowong..

kenapa bisa di sebut kaligowong??
yang saya tahu bahwa dulunya ada sebuah kali [sungai kecil] terletak di kaligowong sebelah selatan, kali tersebut growong [ berlubang] entah bagaimana saya tak tau persis,maka itulah daerah tersebut di beri nama kaligowong..
yang saya tau bahwa kaligowong terdiri dari dusun;
kalisalak
semawung
silemped
gumenggeng
 dan kaligowong itu sendiri, sebelumnya saya meminta maaf kepada pembaca dan penghuni dusun dusun di kaligowong,saya tak bermaksud menyinggung dan bagaimana., kalo yang akan saya tulis disini kurang benar  ,, bahwa yg saya ketahui dari cerita para orangtua dulunya kalisalak di huni para orang2 nakal,preman,dan orang2 yg berani suka bertarung..
semawung di huni para orang2 yg suka buruh [ bekerja di dusun kaligowong]..dan suka mengji di dusun2 yg ada di kaligowong.. silemped di huni para orang2 yg suka buruh jg dan bertani.. pandai bercocok tanam..
gumenggeng di huni para orang nakal juga dan suka bertani serta buruh..dan kaligowong sendiri di huni para orang2 pintar dan para bangsawan,serta para ulama2 sepuh.. itulah yg saya ketahui..lalu d rintis di jadikan 1 wilayah pemerintahan dengan sebutan desa kaligowong.. jika ada yg lebih tau, mohon di benarkan karna itu hanya yg saya ketahui,, benar atau tidaknya,, saya akan berusaha mencari sumber2 yang dapat di percaya kebenaranya.
  TERIMAKASIH........ 
  Tapi sobat jangn khawatir,, karna saya akan berusaha mncari sumber yg dapat di mintai keterangan tentang asal usul desa KALIGOWONG.


3 komentar :

  1. Terimakasih atas artikel tentang desa kaligowong ,,
    Ulasan diatas memang sebagian benar dan sebagian kurang tepat
    Saya kelahiran asli kaligowong ,tepatnya 18 Juli 1974 dan setelah berumur 12 tahun saya merantau ke kota .hingga TDK tau persis jga cerita dan sejarah desa kaligowong

    Beberapa yang saya tambahkan bahwa
    -pada jaman penjajahan Belanda para pejuang yg dipimpin oleh pangeran Diponegoro bermarkas di suatu tempat ,untuk bergerilya dan melancarkan serangan perlawanan .ditempat itu TDK ada sumur ,tetapi banyak air mengalir dari dataran tinggi
    Sehingga pengawal pangeran Diponegoro membuat lubang( seperti sumur ) yang akhirnya menjadi tempat pemandian pada umumnya .
    Kemudian disebelah nya dibuatlah masjid( langgar/musholla kecil )awalnya dan yang kini menjadi masjid agung dikaligowong

    Adapun kali" yang dibuat diantaranya
    Mbaji Kalisalak,mbaji semawung,mbaji benda( silemped).
    Didaerah kaligowong sendiri terkenal dengan mata air yang dinamakan tuk-mata manuk Sanga ( mata air sembilan mata burung )

    Sejak sesepuh" desa kaligowong wafat TDK ada yg meneruskan cerita tapi yg saya tau bahwa MBAH GOWONG itu ada dan dianggap sebagai sesepuh dan pencipta perdesaan tersebut

    Kaligowong banyak gua-gua tradisional peninggalan jaman perang yg pada saat itu berfungsi sebagai ngili(bersembunyi) dari serangan penjajah .

    Sebenarnya pingin bercerita banyak tentang desa kaligowong hingga akhir ,,tapi rasanya belum tepat waktunya
    Suatu saat saya tambahkan lagi cerita desa kaligowong
    InsaAlloh berikut nama hiburan tradisional sampai adat dan tradisinya

    Semoga bermanfaat ,mohon maaf apabila ada kesalahan
    Salam

    BalasHapus
  2. Memang nama desa kita terkait dengan pristiwa perang Diponegoro Gowong adalah sebuah nama pristiwa yang mengandung nilai sejarah.
    Nama Gowong adalah markas kestria- kesatria bagelen Ronggo Prawiro Yudho adalah panglima markas gowong bersama Ledok yang di pimpin kyai ngarpah membantu perang Diponegoro dan serangan pasukan Ledok dan gowong berhasil memenangkan pertempuran bahkan memperoleh rampasan perang yg begitu banyak sekitar 20rb golden yg di persembahkan ke pangeran diponegoro.
    Peristiwa yg terkait dengan desa kita ketika pangeran Diponegoro mengalami kekalahan dalam perang
    Ketika itu pangeran Diponegoro dan laskarnya bersembunyi di markas Gowong berhasil di serbu blanda dan pasukan elit 11 dengan tentara-tentara bayaran dari wilayah maluku sang pangeran hampir tertangkap di pegunungan sumbing tepatnya gowong tersebut sang pangeran terjun kejurang dan selamat berkat hutan gelagah dalam keadaan terluka dan sakit sang pangeran dan sisa-sisa pasukan di temani abdi setia banteng wareng dan para ulama di antara ulama tersebut syaikh kyai sabarudin yg makamnya di sitantu.
    Dan banyak para kyai yg menyertai prjalanan beliau termasuk adil beliau pangeran Abdul karim.
    Pangeran dan rombongan masuk kedalam hutan yg lebat dan menaiki pegunungan sirendeng terus berjalan menyusuri kali ciguling kali ciguling sekarang tidak tampak lagi karna sudah jadi bendungan dalam keadaan sakit dan terluka sang pangeran menyebrangi sungai ciguling dan rombongan berhenti di bumisitimiring yg dirasa cukup aman untuk bersembunyi hingga para pasukan yv tersisa membuat gubug dan Mushola untuk beribadah sambil merawat sangpangeran yh trkena sakit malaria.
    Dalam pelarianya sang pangeran menetap di bumi siti miring tersebut kurang lebih sekitar 1th sambil meninggu balabantuan dan kabar pasukan dari wilayah romo.
    Selama menetap di bumisiti miring rombongan membabat hutan dan bercocok tanam dan membuat perkampungan di antaranya perkampungan tersebut di beri nama seauai pristiwa yg sangat bersejarah di antaranya adalah Gowong desa kita,plunjaran sidayu gunung kidul dan penggung atau kalipenggung.
    Sementara Basah ngusman di utus untuk mencari bantuan ke tumenggung Romo atau kebumen dengan menyusuri kali dan hutan romo basah ngusman berhasil menemui tumenggung romo damn mendapatkan bantuan pasukan sekitar 600 prajurit dari ambal mirit kebumen selnjutnya pangeran diponegoro dijemput oleh tumenggung romo di bawa kekota romo kalo sekarang kebumen.
    Selanjutnya sang pangeran di ajak berunding di magelang dan ahirnya di tangkap sekitar th1830 dan pedesaan yg di tinggal sang pangeran bumi siti miring adalah wilayah desa kita kaligowong,plunjaran kemejing pacekelan,Lancar.
    Perang belum berhenti sampai disitu saja karna setelah sang pangeran di tangkap perang pembalasan masih berlanjut yang dipimpin oleh putra beliau bagus singlon dan pangeran puger dengan secara bergrilya.
    Tetapi perlawan putra-putra Diponegoro tidak berarti apa apa bagi belanda karna blanda telah membangu benteng sekitar 260 dari banyu mas sampai jawa timur untuk menyekat nyekat pasukan diponegoro dan logistiknya disitulah kekelahan perang Diponegoro.
    Tokoh-tokoh pasukan diponegoro para raden dan paraulama diburu belanda dan istana ngayogyokarto.
    Pangeran anom diponegoro tertangkap di gunung kidul di bunuh dan di penggal kepalanya di pisah untuk meruntuhkan mental pengikut diponegoro.
    Setelah perang jawa usai para pangeran dan ulama hidup di pegunungan membabat hutan dan membuat perkampungan dan perjuangan mereka bukan mengangkat senjata lagi tetapi berjuang membina umat manusia mengangkat kebodohan dengan membuat surau-surau bahkan banyak sekali yg ahirnya ppengajian surau surau menjadi pesantren.

    BalasHapus
  3. Jadi nama Desa kita di ambil dari nama markas kesatria-kesatria bagelen di wilayah gunung sumbing magelang.
    Karna desa kita memang terkurung kali maka di beri nama kaligowong.
    Perlu di ketahui pasukan perang diponegoro kali sebagai pusat pertahanan selain untuk mengolah logistik juga untuk memberi minum kuda karna pasukan diponegoro memang berkuda.dengan nama Bulkio pasukan ring 1 turkiyo pasukan kavelri.
    Dan kyai sabarudin beliaulah penyusun strategi perang dengan sistem usmani

    BalasHapus